Tuesday, January 9, 2018

021 22462013 - Perbedaan bagian tubuh rayap dan semut



Perbedaan semut dan rayap dapat dilihat dari morfologi atau struktur anatominya terutama dari perbedaan antena, sayap, dan pinggang.

Rayap memiliki antena yang lurus sementara semut memiliki antena yang menyiku. Sayap rayap memiliki ukuran yang sama antara depan dan belakang sedangkan sayap depan semut lebih besar dari sayap belakangnya.

Toraks (dada) dan abdomen (perut) rayap menyambung dengan ukuran yang sama sedangkan pada semut thoraks dan abdomennya dipisahkan oleh pinggang yang ramping.Seringkali masyarakat awam sulit membedakan rayap dan semut, padahal secara filogenetika atau hubungan kekerabatan rayap dan semut jauh berbeda.

Perbedaan semut dan rayap dapat dilihat dari morfologi atau struktur anatominya terutama dari perbedaan antena, sayap, dan pinggang. Rayap memiliki antena yang lurus sementara semut memiliki antena yang menyiku. Sayap rayap memiliki ukuran yang sama antara depan dan belakang sedangkan sayap depan semut lebih besar dari sayap belakangnya.

Seperti tubuh serangga pada umumnya, tubuh rayap juga ditutupi dengan lapisan tipis epitikula yang berfungsi untuk melindungi rayap dari kekeringan serta untuk menjaga kelembaban, dan juga untuk mencegah infeksi yang disebabkan oleh organisme lain.


Tubuh rayap terbagi tiga bagian yaitu bagian kepala, bagian dada (toraks), serta bagian abdomen. Secara morfologi batas dari setiap bagian tubuh rayap tidak terlihat jelas. Rayap mempunyai ukuran tubuh yang bervariasi, yaitu sekitar 4 sampai dengan 11 mm.

kami menyediakan jasa pembasmi rayap di bekasi








 Jasa Pest Control di  Koja                   


 Jasa Pest Control di  Kelapa Gading,Tanjung Priok,Pademangan,Penjaringan,Cilincing,Koja Utara,Kelapa Gading Barat,Tanjung Priok,Pademangan Timur,Penjaringan,Kali Baru,Koja Selatan,Kelapa Gading Timur,Kebon Bawang,Pademangan Barat,Pluit,Cilincing,Rawa Badak Utara,Pegangsaan Dua,Sungai Bambu,Ancol,Pejagalan,Semper Barat,Rawa Badak Selatan,Papanggo,Kapuk Muara,Semper Timur,Tugu Utara,Warakas,Kamal Muara,Sukapura,Tugu Selatan,Sunter Agung,Rorotan,Lagoa,Sunter Jaya,Marunda   

No comments:

Post a Comment